Baca via Layar HP Tak Seefektif di Atas Kertas, Kok Dapat?

Jakarta – Pada kemajuan teknologi ini, manusia tak pernah luput dari gawai seperti telpon pintar pandai, tablet, dan laptop. Penggunaannya pelbagai-jenis, termasuk untuk membaca.
Tapi tahukah detikers bahwa pengaplikasian gawai untuk membaca ternyata menghasilkan orang tak mendapat pemahaman seefektif daripada kita membaca mengaplikasikan kertas? Mengapa demikian?

Para peneliti dari Macquarie University di Australia meninjau studi yang relevan tentang hasil membaca dari konten komputerisasi dan kertas. Seperti studi dan alhasil.

Penyebab Membaca di Gawai Tak lebih Sasaran daripada Membaca di Kertas
Membaca secara komputerisasi kerap kali kali menghasilkan pemahaman yang lebih dangkal dan ingatan yang lebih buruk terhadap terperinci dibandingkan dengan membaca teks cetak. Peneliti menyebutnya dengan efek inferioritas layar.

Efek hal yang demikian akan bertambah buruk jikalau berada di bawah tekanan waktu, berdasarkan peneliti.

Unsur Kecerahan Layar
Padahal demikian, terdapat teknologi seperti perangkat e-reader yang memang dikhususkan untuk orang-orang yang akan membaca. E-reader akan menampilan teks dan gambar mengaplikasikan teknologi tinta elektronik.

Perangkat hal yang demikian mencontoh tampilan kertas dengan memantulkan sinar dan bukan memancarkannya. 0erangkat ini bisa melaksanakan file dengan pelbagai bentuk seperti PDF, EPUB, atau malah Word.

Menurut Psikolog Dr Lili Yu dari Macquarie University, pemahaman orang saat membaca di perangkat e-reader tak tergoda, beda dengan membaca di telpon pintar atau laptop.

“Pemahaman akan menurun saat kita mengaplikasikan layar untuk membaca teks yang padat kabar, seperti buku pelajaran,” tuturnya, diberitakan dari ZME Science.

Unsur Waktu
Ia juga mengatakan bahwa waktu juga menjadi unsur. Pembaca yang berada di bawah tekanan membuat seseorang membaca dengan pesat, karenanya pemahaman pembaca hal yang demikian akan menurun dibandingkan di kertas.

Bagi pembaca yang kurang pandai dalam mencari kabar konten komputerisasi, membaca situs slot777 di gawai berdasarkan peneliti bisa meningkatkan kerentanan membaca terhadap kabar yang salah.

Unsur Distraksi & Konsentrasi
Layar juga memiliki fitur notifikasi seperti pop-up dan video sehingga mengganggu konsentrasi dari orang yang sedang membaca.

Salah satu penelitian mengungkapkan bahwa sadar atau tak, banyak orang yang mendekati komputer dan tablet dengan situasi pikiran yang kurang kondusif untuk belajar. Akibat dari teknologi yang berkembang, kesanggupan untuk berfokus terhadap teks panjang seperti buku sudah berkurang.

Unsur Lain
Selain itu, terdapat unsur-unsur yang menyebabkan membaca di gawai tak tepat sasaran seperti kecerahan layar dan kelelahan mata. Kekerabatan perangkat dengan waktu lengang dan multitasking juga berpengaruh.

Imbasnya|}, kesanggupan untuk konsentrasi pada konten komputerisasi berkurang. bisa menurunkan pemahaman terhadap apa yang seseorang baca dari konten komputerisasi hal yang demikian.