Cara Membaca Si TK dengan Simpel dan Mudah Dimengerti

Perlu disadari bahwa aktivitas membaca ialah aktivitas yang amat bermanfaat bagi segala orang. Banyak hal yang bisa didapat dalam kehidupan bila seseorang rajin membaca. Maka dari itu mengajari dan membiasakan si kecil sejak dini untuk rajin membaca ialah salah satu tugas orang tua yang membutuhkan kesabaran tentunya.

Pada dasarnya mengajari si kecil balita atau si kecil TK untuk bisa membaca sangatlah gampang https://tiendasdeconveniencia.org/ dan simpel. Kuncinya ialah prosesnya menyenangkan, karena pada dasarnya usia mereka ialah usia di mana bermain ialah hal utama.

Jangan memaksakan kehendak pada si kecil-si kecil supaya mereka kencang bisa membaca. Namun, lakukan pelan-pelan dengan kesabaran. Karena mengajari si kecil membaca bukan sekedar membuatnya bisa membaca tetapi lebih jauh kita pingin mereka juga menyukai membaca hingga tumbuh dewasa.

Berikut ini info komplit mengenai metode belajar membaca si kecil TK, simpel dan gampang dimengerti telah dirangkum merdeka.com melewati liputan6.

Cara Belajar Membaca Si TK
1. Kenalkan Huruf dengan Cara yang Mengasyikan dan Menyenangkan Cara belajar membaca si kecil TK yang pertama ini mungkin bisa dikatakan cukup tepat sasaran. Coba mulai ajarkan si kecil untuk mengenali huruf-huruf A-Z. Buatlah mereka mengenali huruf dasar ini bisa dengan mengaplikasikan kartu gambar huruf yang lucu supaya mereka bisa mengingat wujud huruf dengan baik.

Penting diamati bahwa dalam mengajari si kecil belajar membaca tak perlu dilakukan dengan buru-buru. Mulailah dengan sedikit-sedikit kenalkan huruf, seumpama 5 huruf dalam sehari. Sekali-sekali juga bisa memberikan percobaan wujud huruf kepada si kecil supaya mereka bisa lebih kencang mengingatnya. Selain itu, cari lah waktu yang ideal supaya si si kecil tak kencang merasa bosan.

2. Ajarkan Si untuk Menghafal Suku Kata Cara belajar membaca si kecil TK berikutnya ini ialah tahapan berikutnya dalam belajar membaca bagi sang si kecil. Sesudah merajai dan mengingat wujud huruf dengan sempurna, mulailah ajari si kecil untuk mengenal suku kata. Biarkan si kecil menghapal suku kata dari konsonan B hingga Z, yang diikuti huruf vokal a,i,u,e,o.

Teladan : ba, bi, bu, be, bo hingga ka, ki, ku, ke, ko. Biarkan si kecil menghafalnya sehingga akan bisa terbiasa nantinya. Meski si si kecil nantinya telah bisa menghapal konsonan suku kata ini, dia belum dikatakan sukses bila belum bisa membacanya.

Cara Belajar Membaca Si TK Berikutnya
3. Ajari Suku Kata yang BervariasiSetelah merajai suku kata, tahap berikutnya ialah mengajari si kecil untuk membaca suku kata yang bervariasi. Para orang tua bisa mencari sebagian kata yang gampang dengan tipe suku kata supaya si kecil lebih gampang untuk memahaminya.

Mulailah dengan ajarkan benda-benda di sekitar, seperti bo-la, bu-ku, ka-ki, bu-ka, pa-pi, ma-mi dan yang lainnya lagi. Pada tahap ini jangan dulu mengenalkan si kecil dengan suku kata yang berakhiran huruf mati.

Tujuannya tak lain ialah supaya mereka merajai tahap ini terlebih dulu. Jikalau si kecil masih susah memahaminya, coba ajari terlebih dulu hingga terbiasa dan memahami suku katanya.

4. Ajari Si Kata yang Mengandung Konsonan MatiApabila si kecil telah bisa merajai suku kata yang bervariasi, mulai lah ajari huruf yang mengandung konsonan mati. Namun, dalam tahap ini mungkin agak sedikit susah dilakukan sang si kecil, mulailah untuk mengajarinya pelan-pelan.

Sebagian tipe huruf konsonan yang biasa diterapkan dalam kata seumpama ialah “ng” dan “ny”. Mungkin awalnya si kecil akan mengalami kesusahan. Namun bila dilatih terus menerus, kesanggupannya akan terus berkembang. Hal ini bisa dilakukan dengan rutin supaya si si kecil bisa dengan gampang dan terbiasa untuk menyebutnya.

5. Mulai Ajari Membaca Kata Utuh Sedikit Demi SedikitSetelah empat metode di atas, tahap terakhir ialah mengajari si kecil untuk belajar membaca kata secara utuh. Mulanya, pasti sang si kecil akan mengeja sebuah kata sebelum bisa diceritakan lantas secara utuh.

Di sini kau mesti mengamati dan menasihati si kecil supaya tak salah mengeja suatu kata. Karena mengeja ialah metode alami sang si kecil supaya dia bisa membaca kata dengan benar. Sesudah si kecil bisa membaca kata dengan lancar, berikutnya ajarkan dia untuk membaca kalimat yang tak terlalu panjang.