Hari Buku dan Hak Cipta Sedunia 23 April

Jakarta – Hari buku dan hak cipta sedunia atau dikenal sebagai Hari Buku Sedunia diperingati tiap 23 April. Peringatan ini diselenggarakan oleh the United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization (UNESCO) untuk mempromosikan membaca, menerbitkan dan hak cipta.

Dikutip dari nationaltoday.com, Selasa (23/4/2024), Hari Buku Sedunia ini dirayakan untuk menghormati Miguel de Cervantes, seorang penulis terkenal Spanyol.

Hari Buku dan Hak Cipta Sedunia disahkan pada 1995, namun gagasan itu sudah spaceman pragmatic play dikemukakan sejak 1922. Penulis Vicente Clavel Andres memaksimalkan Hari Buku Sedunia untuk memberikan penghormatan kepada penulis terkenal Miguel de Cervantes. Lantaran Cervantes lahir pada 7 Oktober, Hari Buku Sedunia diperingati pertama kali pada 7 Oktober 1926.

Tapi, pada 1930, Raja Alfonso XIII dari Spanyol mengubah tanggal itu menjadi 23 April yang merupakan tanggal meninggalnya Cervantes. Di Catalonia, Spanyol, 23 April juga sangat populer sebab peringatan hari raya Diada de Sant Jordi, santo pelindung Catalonia.

Secara kebetulan, peringatan kematian penulis William Shakespeare dan Inca Garcilaso de la Vega pada 23 April. Faktor-elemen ini juga jadi pertimbangan UNESCO untuk merayakan Hari Buku dan Hak Cipta Sedunia pada 23 April, mulai 1995.

Tujuan dari peringatan Hari Buku dan Hak Cipta Sedunia ini untuk menyokong dan mempromosikan membaca, menerbitkan serta memajukan perlindungan kekayaan intelektual lewat hak cipta.

Menurut situs UNESCO, ini merupakan waktu untuk merayakan pentingnya membaca, menyokong pertumbuhan buah hati-buah hati sebagai pembaca dan mempromosikan kecintaan seumur hidup kepada sastra. Adapun tema perayaan Hari Buku Sedunia 2024 merupakan Read Your Way.

Kegiatan saat Hari Buku Sedunia
Ada sebagian kesibukan yang dapat dilaksanakan untuk merayakan Hari Buku Sedunia, apa sajakah itu?

-Pilih buku yang ingin dibaca dan punya makna bagi Anda

-Mengunjungi perpustakaan lokal dan eksplorasi buku-buku di perpustakaan hal yang demikian

-Membuat klub buku dan pertemuan mengenai klub buku

-Sumbangkan buku ke sekolah dan badan amal

-Berbagi di media sosial mengenai penulis buku dan buku favorit Anda