Kenali Skimming dan Scanning, Metode Membaca dengan Kencang

Agar bisa naik kelas atau lulus sekolah, kita diharuskan untuk menguasai beraneka mata pembelajaran sekaligus. Ini tentu memaksa kita berhadapan dengan buku-buku yang menanti untuk dibaca, apalagi memasuki ujian, membaca buku pembelajaran tak boleh dilewatkan!

Daripada panik sendiri, takut tak punya cukup waktu untuk mempelajari itu seluruh, kau seharusnya mulai kenalan dengan sistem membaca kencang nih! Namanya skimming dan scanning. Apa itu dan bagaimana caranya? Yuk ikuti pembahasan berikut ini.

Teknik Membaca Skimming

Dalam bahasa Indonesia skimming artinya sekilas. Teknik membaca ini bisa diterapkan saat kau slot depo qris mencari ide utama dalam sebuah buku. Dengan begitu, kita tak perlu membaca seluruh isi buku, namun berlompatan dari satu komponen ke komponen lainnya untuk menemukan pokok pikiran utama.

Nah, dari situ, kau bisa memutuskan isi artikel mana yang perlu dibaca lebih terperinci. Lalu, bagaimana caranya?

Observasi Judul dan Sub Judul
Ketika membuka buku dan akan membaca halaman pertama, kau pasti akan menemukan judul dan sub judul, bukan? Nah, saat melaksanakan teknik membaca skimming, menyimak kedua hal hal yang demikian bisa membantumu untuk mengetahui isi materi di dalam buku. Kemudian, simak saja komponen yang mau dipelajari.

Tidak Perlu Membaca Tiap-tiap Kata
Fungsi utama skimming merupakan supaya bisa membaca lebih kencang, dan tahu apakah teks hal yang demikian seharusnya dibaca lebih terperinci atau tak. Sebab itu, sekiranya kau mau kencang bisa memutuskan apakah buku hal yang demikian layak untukmu, karenanya langkahi sebagian komponen dan skor apakah isinya layak dengan kebutuhan kau atau tak.

Observasi Paragraf Akhir
Mengapa langsung ke paragraf akhir? Biasanya, struktur artikel selalu berujung pada ikhtisar dari pembahasan sebelumnya. Dengan menyimak komponen akhir paragraf, kau bisa mengidentifikasi informasi pada buku hal yang demikian dengan kencang. Sekiranya belum yakin dengan informasi di paragraf akhir, simaklah komponen permulaan paragraf.

Observasi Gambaran atau Infografis
Sebelum membaca kalimat-kalimatnya, disarankan untuk memandang gambaran atau infografis lebih dulu. Dalam gambar umumnya diselipkan ikhtisar informasi penting yang seharusnya kau simak.

Bacalah Inti Bab sekiranya Tersedia
Sekiranya buku hal yang demikian memiliki ikhtisar bab, sungguh-sungguh disarankan untuk menyimak halaman khusus ini. Biasanya, komponen ini menyajikan informasi dalam bentuk skor-skor yang menjadi ikhtisar informasi dari satu bab.