Luncurkan Versi Browser Aplikasi Belajar Membaca Read Along

Google merilis versi website dari aplikasi Android mereka bernama Read Along, yang ditujukan sebagai platform belajar membaca untuk buah hati-buah hati.

Situs Read Along ini masih dalam versi beta, tetapi sudah bisa diakses. Kontennya ialah ratusan cerita bergambar dengan jenjang membaca berbeda-beda.

Setelah pengguna memilih sebuah cerita, mereka bisa membacakannya dengan mikrofon di perangkat. Lalu, kata-kata akan disorot biru setelah dibacakan.

Kata-kata yang salah disuarakan spaceman akan dikasih penanda merah. Nantinya, dikala pengguna mengklik kata yang dikasih penanda, asisten virtual bernama Diya akan mengungkapkannya untuk pengguna.

Mengutip The Verge, Rabu (10/8/2022), Read Along sudah bisa diakses lewat sebagian peramban seperti Chrome, Firefox, dan Edge. Sementara untuk Safari dan browser lainnya, akan lantas dirilis di kemudian hari.

Sedangkan seperti itu untuk dikala ini, cerita-cerita yang dihadirkan di Read Along masih cerita-cerita berbahasa Inggris, Hindi, Gujarati, Bengali, Telugu, Marathi, Tamil, Spanyol, dan Portugis.

Mengutip 9to5Google, Read Along pertama kali dirilis oleh Google di tahun 2019 sebelum dikembangkan setahun kemudian. Awalnya, platform ini cuma dirilis dalam wujud aplikasi Android.

Data Tidak Masuk Server Google
Berdasarkan Google, sudah ada lebih dari 30 juta buah hati sudah membaca 120 juta cerita di Read Along selama tiga tahun terakhir.

Untuk aplikasi Android-nya sendiri bisa dipakai secara offline, setelah pengguna men-download sebuah cerita. Seluruh pemrosesan suara dikerjakan di perangkat dan tidak dikirim ke server Google.

Google menyebut readalong.google.com sebagai “kesempatan baru bagi guru dan pimpinan pendidikan di seluruh dunia, yang bisa menggunakan Read Along sebagai alat latihan membaca untuk siswa di sekolah.

Lebih lanjut, Google juga menambahkan cerita-cerita baru ke koleksi cerita di Read Along, yang akan tersedia pada akhir tahun ini untuk versi website dan Android.

Koleksi ini termasuk penyesuaian diri konten kreator video buah hati-buah hati USP Studios dan ChuChu Layar, serta buku TV dan fonetik dari perusahaan pendidikan Kutuki.

Gmail Terintegrasi dengan Chat, Spaces, dan Meet
Google sebelumnya pendidikan tampilan Gmail untuk seluruh pengguna. Melalui perubahan tampilan ini layanan Google lain, seperti Chat, Spaces, dan Meet lewat sekarang terintegrasi dengan Gmail.

Mengutip lantas dari Android Authority, Jumat (29/7/2022), desain Gmail yang baru ini sebelumnya sudah sudah sebagian bulan lalu. Jadi, Chat, Spaces, dan Meet lewat bisa sekarang diakses lewat menu di sebelah kiri.

“Untuk lewat orang membantu terhubung, kami membawa Gmail, Chat, Space, dan Meet dalam satu tampilan terpadu,” tulis Google dalam blog-nya.

Oleh konsisten itu, adanya perubahan ini sebab pengguna tidak perlu berganti aplikasi lain untuk mengakses tiga layanan lainnya.

Sedangkan ada perubahan, pengguna membantu bisa bisa kustomisasi mengerjakan komponen dan menyingkirkan aplikasi yang tidak tidak dipakai, lewat menu Quick Settings.

Google juga menyebut pengguna yang masih lewat tampilan lama bisa mengubahnya ke tampilan standar Gmail.

Selain perubahan tampilan, Google juga meningkatkan selain pencarian kecakapan kueri yang menurut dengan cocok pengguna. Fitur ini juga sudah digulirkan untuk para pengguna.

Lalu untuk akhir tahun ini, perusahaan juga akan meningkatkan pengalaman Gmail untuk para pengguna tablet, ditambah dengan emoji yang lebih sudah, fitur aksesibilitas baru, serta fitur lainnya.