Soimah Menuding Petugas Pajak Kasar, Ini Tanggapan Sri Mulyani

Soimah Menuding Petugas Pajak Kasar, Ini Tanggapan Sri Mulyani

Soimah bercerita mengenai perilaku tidak mengenakkan yang diterimanya oleh oknum petugas pajak. Penyanyi asal Yogyakarta tersebut menyebutkan bahwa hal ini sudah terjadi sejak tahun 2015.

Setiap kali mendapatkan honor, Soimah menyebutkan bahwa pendapatannya sudha dipotong pajak. Meski demikian, ia tetap mendaptkan perlakuan yang tidak menyenangkan dari petugas pajak. Hal ini disampaikannya pada kanal Youtube Mojokdotco, Rabu (5/4/2023).

“Beberapa waktu lalu saya live Instagram ngomongin soal pajak. Saya kan  link sbobet pekerja seni ya, yang image nya kaya raya. Untuk bayar pajak memang kewajiban kita. Bayar pajak, bayar. Lapor pajak, lapor. Kita udah sadar itu kok, Soimah enggak bakal lari. Rumahnya udah jelas. Tapi perlakukanlah dengan baik. Jadi saya merasa diperlakukan seperti ba*****n, seperti koruptor,” ungkap Soimah.

“Buka pager tanpa kulo nuwun (permisi), tiba-tiba udah di depan pintu yang seakan-akan saya mau melarikan diri. Saya dicurigai pemeriksaan ono lah. Saya menjelaskan saya pekerja seni yang dicurigai opo. Harusnya kalau mereka minta kita harusnya baik-baik, sopan, kan kita yang bayar,” lanjutnya.

Bahkan ia mengelukan mengenai dirinya yang harus menggunakan nota meski memberikan uang kepada saudara-saudaranya. Setiap tahun ia sampai bertengkar dengan suaminya karena masalah ini.

Hal yang masih sangat diingat oleh Soimah adalah saat orang pajak menanyakan mengenai rumah yang dibeli oleh Soimah. Bahkan saat diberitahu harganya, orang pajak tidak mempercayainya.

“Saya beli rumah harganya Rp430 juta, deal-dealan lah sama orangnya ‘Tak cicil ya pak, nanti saya dapat bayaran saya cicil’. Ok sepakat, dan udah lunas. Kita ke notaris, enggak deal dari perpajakan karena enggak percaya ‘Oh rumah di situ harganya Rp650 juta’ dikira saya menurunkan harga, padahal deal-dealan nya ono(ada), nota nya ono(ada),” kata dia.

Kekesalan Soimah ini pun ditanggapi langsung oleh Sri Mulyani, dimana ia menyampaikannya di podcast Blakasuta bersama dengan Butet Kertaradjasa.

“Saya mendapat kiriman video dari Mas @masbutet yang mengadu ke saya mengenai keluhan dan kekesalan Bu @showimah akibat perlakuan “aparat pajak”,” tulis Sri Mulyani di akun instagram resminya @smindrawati.

Sri Mulyani meminta Direktorat Jenderal Pajak situs spaceman slot (Dtijen Pajak) untuk menelusuri kasus Soimah tersebut. Ia pun membagikan video yang berisikan penjelasan dari tim Ditjen Pajak tentang kasus yang dialami oleh Soimah.

“Berikut penjelasan secara lengkap, detail dan akurat dari rekan-rekan @ditjenpajakri. Semoga memberikan titik terang bagi masyarakat. Kami akan terus melakukan perbaikan pelayanan. Terima kasih atas masukan dan kritikan yang konstruktif. Untuk Indonesia yang lebih baik,” tulis Sri Mulyani.

Penjelasan tersebut juga sama dengan penjelasan yang sudah diberikan oleh Staf khusus dari Menteri Keuangan Bidang Komunikasi Strategis, Yustinus Prastowo.